Sunday, February 16, 2020

Soal HOTS Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan larutan! Kemudian jelaskan campuran dari kedua zat berikut akan membentuk larutan atau tidak? Jika membentuk larutan tentukan mana yang akan menjadi solvent dan solute!

a. Air + garam

b. Minyak + air

c. Gula + air

d. Naftalena + air

e. Air + air

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit dan non elektrolit!

3. Jika kalian diberikan suatu senyawa yang dapat larut dalam air, jelaskan bagaimana kalian menentukan apakah senyawa tersebut merupakan zat elektrolit atau non elektrolit? Jika senyawa tersebut merupakan zat elektrolit, bagaimana kita menentukan apakah ia termasuk elektrolit kuat atau elektrolit lemah?

4. Sebutkan tiga contoh larutan elektrolit dan tiga contoh larutan nonelektrolit dalam kehidupan sehari-hari!

5. Air termasuk zat elektrolit yang sangat lemah, bahkan dalam uji daya hantar listrik ia menunjukan adanya gelembung gas yang merupakan tanda minimal suatu zat dapat menghantarkan listrik. Akan tetapi mengapa kita selalu dinasehati agar tidak menjalankan alat-alat listrik ketika tangan kita basah? Jelaskan

6. Apakah semua senyawa kovalen bersifat elektrolit? Jelaskan!

7. Mengapa NaCl dalam bentuk padat tidak menghantar listrik? Jelaskan! Semetara NaCl dalam bentuk lelehan dan larutan dapat menghantarkan listrik.

8. Air cuka dan HCl keduanya merupakan larutan elektrolit yang bersifat asam. Apakah kita dapat menggunakan HCl sebagai pengganti air cuka dalam makanan kita? Jelaskan!

9. Buatlah bagan cara kerja pembuatan oralit! Beserta alat dan bahan yang digunakan!

10. Buatlah gambar alat uji daya hantar listrik larutan beserta keteranganya!

 

1 comment:

Unknown said...

ini gak ada jawabannya yaa kak ?